Image of Cooperative Learning: Teori, Riset dan Praktik *

Text

Cooperative Learning: Teori, Riset dan Praktik *



Dalam buku ini membahas tentang teori dan aplikasi PAIKEM (Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, Menyenangkan), yang menerangkan bahwa dunia pendidikan kita ditandai oleh disparitas antara pencapaian academic standard dan performance standard. Faktanya, banyak peserta didik mampu menyajikan tingkat hafalan yang lebih baik terhadap materi ajar yang diterimanya, namun pada kenyataannya mereka tidak memahaminya. Sehingga sebagian besar dari peserta didik tidak mampu menghubungkan antara apa yang mereka pelajari dengan bagaimana pengetahuan tersebut akan dipergunakan/ dimanfaatkan. Peserta didik memiliki kesulitan untuk memahami konsep akademik sebagaimana mereka biasa diajarkan yaitu dengan menggunakan sesuatu yang abstrak dan metode ceramah, padahal mereka sangat butuh untuk dapat memahami konsep-konsep yang berhubungan dengan tempat kerja dan masyarakat pada umumnya dimana mereka akan hidup dan bekerja.
Oleh karena itu buku ini menyajikan tentang cara-cara dan bagaimana langkah strategis yang bisa digunakan oleh seorang pendidik untuk memaksimalkan kualitas pendidikan yaitu :
a. Memahami arti belajar, belajar dalam idealismenya berarti kegiatan psiko-fisik-sosio menuju ke perkembangan pribadi seutuhnya.
b. Dukungan teoretis, teori merupakan perangkat prinsip-prinsip yang terorganisasi mengenai peristiwa tertentu dalam lingkungan.
c. Model pembelajaran, model pembelajaran ialah pola yang digunakan sebagai pedoman dalam merencanakan program di kelas maupun tutorial.
d. Pembelajaran kontekstual, pembelajaran kontekstual merupakan konsep yang membantu guru mengaitkan antara materi yang diajarkannya dengan situasi dunia nyata dan mendorong peserta didik membuat hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya dengan penerapannya dalam kehidupan mereka sebagai anggota keluarga dan masyarakat.
e. Metode-metode PAIKEM (Pembelajaran Aktif Inovatif Kreatif Efektif Menyenangkan), yaitu metode-metode pembelajaran kooperatif, metode-metode pendukung perkembangan pembelajaran kooperative dan metode-metode pembelajaran aktif.
f. Assemen, assemen adalah prosedur yang digunakan untuk mendapatkan informasi tentang prestasi atau kinerja peserta didik yang hasilnya akan digunakan untuk evaluasi.
g. Motivasi, hakikat motivasi belajar adalah dorongan internal dan eksternal pada peserta didik yang sedang belajar untuk mengadakan perubahan tingkah laku.


Ketersediaan

7000422371.3 Sla cPerpustakaan BBPPKS Yogyakarta (13)Tersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
371.3 Sla c
Penerbit Nusa Media : Bandung.,
Deskripsi Fisik
x, 348 hlm. ;24 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
979-1305-10-5
Klasifikasi
371.3
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
Cet. 2
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this