Image of Birokrasi &  Politik di Indonesia

Text

Birokrasi & Politik di Indonesia



Kehadiran partai politik terutama dalam pemerintahan yang belum mapan dengan sistemnya telah membawa kekacauan besar terhadap kehidupan birokrasi pemerintahan yang notabene adalah pelaksana terpenting didalam mewujudkan cita-cita negara. Ini disebabkan karena parpol-parpol tersebut tetap menyertakan ideologi mereka ketika memasuki struktur dan tak jarak mendesakkan kepentingan berbeda yang umumnya melahirkan konflik tak berkesudahan antar kepentingan dalam birokrasi. Dalam konteks inilah maka perlu dipahami dengan sungguh-sungguh kaitan antara birokrasi pemerintahan dengan politik atau partai politik agar birokrasi bisa berjalan seperti yang diharapkan.
Buku ini terdiri dari lima bab. Bab pertama dari buku ini menjelaskan apa sebenarmya birokrasi pemerintah itu. Birokrasi pemerintah yang tidak bisa dipisahkan dari praktek kekuasaan membuat birokrasi pemerintah ibarat kerajaan kekuasaan membuat birokrasi pemerintah ibarat kerajaan kekuasaan atau pejabat. Pertumbuhan kekuasaan birokrasi pemerintah diuraikan dalam bab ini. Demikian pula pemikiran tentang teori birokrasi baik yang dimulai dari pemikiran Max Weber sampai dengan clasical view dari Marxis dan Hegelian diperjelas dalam bab pertama. Bab ini diakhiri dengan uraian model dalam membangun pemerintahan dan uraian model dalam membangun pemerintahan dan uraian tentang demokrasi presidensial dan parlementer.
Bab kedua membahas birokrasi dan administrasi publik. Apa yang dimaksud dengan administrasi publik, perannya, dan prospek pengembangannya diuraikan dengan jelas dan gamblang. Di bab ini tidak ketinggalan diuraikan pula tentang tata keperintahan yang baik.
Bab ketiga memuat penjelasan tentang birokrasi dan partai politik. Konsep ideologi dan pemerintahan, paham konstitusi liberal klasik, sistem kepartaian politik, partai politik dan kekuasaan, prinsip dan model demokrasi dalam pemerintahan, kedaulatan rakyat, kesamaan politik, konsultasi rakyat, kekuasaan mayoritas dan sistem merit dalam politik diuraikan panjang lebar dalam bab ini.
Bab keempat membahas tentang partai politik dan Birokrasi pemerintah Indonesia. Didalam bab keempat ini diuraikan tentang perkembangan kabinet semenjak pertama kali merdeka sampai sekarang ini. Kehidupan partai politik dan birokrasi pemerintah dapat diketahui melalui jatuh bangunnya susunan kabinet selama kehidupan negara dan pemerintahan kita mulai merdeka sampai sekarang. Bentuk-bentuk kabinet, siapa yang bisa diangkatsebagai menteri baik pada zaman demokrasi liberqal maupun zaman pemerintahan Orde Baru dan sekarang, berikut netralitas birokrasi diuraikan dalam bab ini.
Bab kelima menguraikan tentang aspek kelembagaan dalam birokrasi pemerintahan sipil madaniah. Aspek dan bentuk kelembagaan pemerintahan sipil madaniah diuraikan dalam bab kelima ini.


Ketersediaan

7000824352.3 Tho bPerpustakaan BBPPKS Yogyakarta (13)Tersedia
7000875352.3 Tho bPerpustakaan BBPPKS Yogyakarta (13)Tersedia
7000877352.3 Tho bPerpustakaan BBPPKS Yogyakarta (13)Tersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
352.3 Tho b
Penerbit Libraries Unlimited : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
xvi, 299 hlm. ;21 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
979-421-930-4
Klasifikasi
352.3
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
Ed.1
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this