Image of Peranan AMDAL : dalam Mewujudkan Pembangunan Berwawasan Lingkungan

Text

Peranan AMDAL : dalam Mewujudkan Pembangunan Berwawasan Lingkungan



Pembangunan adalah rangkaian kegiatan yang dilakukan oleh manusia untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik. Pembangunan merupakan proses yang pada umumnya direncanakan dengan sengaja dalam masyarakat untuk menuju kepada kehidupan yang lebih baik. Untuk merealisasikan pembangunan pasti memanfaatkan sumber daya alam sebagai bagian dari sumber daya lingkungan. Pembangunan fisik yang tidak didukung oleh usaha pelestarian lingkungan akan mempercepat proses kerusakan lingkungan. Untuk itu diperlukan pembangunan berkelanjutan dan berwawasan lingkungan.
Pembangunan berwawasan lingkungan merupakan upaya sadar dan berencana menggunakan dan mengelola sumber daya secara bijaksana dalam pembangunan yang berkesinambungan untuk meningkatkan mutu hidup. Sedangkan pembangunan berkelanjutan (Sustainable Development) didefinisikan sebagai pembangunan yang memenuhi kebutuhan sekarang tanpa memngurangi kemampuan generasi-generasi mendatang untuk memenuhi kebutuhannya.
Pembangunan berwawasan lingkungan sudah sepatutnya dipikirkan lebih lanjut oleh bangsa ini. Kunci pembangunan berwawasan lingkungan adalah AMDAL (Analisis Mengenai Dampak Lingkungan). Konsep AMDAL pertama kali tercetus di Amerika Serikat pada tahun 1969, akibat dari munculnya gerakan-gerakan dan aktivis lingkungan yang anti pembangunan dan anti teknologi tinggi. AMDAL adalah hasil studi mengenai dampak suatu kegiatan yang sedang direncanakan terhadap lingkungan hidup, yang diperlukan bagi proses pengambilan keputusan. AMDAL mempunyai maksud sebagai alat untuk merencanakan tindakan preventif terhadap kerusakan lingkungan yang mungkin akan ditimbulkan oleh suatu aktivitas . pembangunan yang sedang direncanakan. Di Indonesia AMDAL tertera dalam Undang-Undang Nomor : 23 Tahun 1997 tentang Pengelolaan Lingkungan Hidup, dan pelaksanaannya diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 27 Tahun 1999.
Buku ini terdiri dari 4 Bab ;
Bab I Pendahuluan
Bab II Peranan AMDAL dalam Mewujudkan Pembangunan Berwawasan Lingkungan
Bab III Perencanaan Pembangunan dan Dokumen AMDAL
Bab IV Penutup


Ketersediaan

20110024362 DAN p. 1Perpustakaan BBPPKS Yogyakarta (13)Tersedia
20110026362 DAN p. 2Perpustakaan BBPPKS Yogyakarta (13)Tersedia
20110068362 DAN p. 2Perpustakaan BBPPKS Yogyakarta (13)Tersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
362 DAN p
Penerbit Libraries Unlimited : Padang.,
Deskripsi Fisik
32 hlm. ; 21 cm.
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
9789791744690
Klasifikasi
362
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
Cet. 1
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this