Image of Pendidikan Karakter utuh dan menyeluruh

Text

Pendidikan Karakter utuh dan menyeluruh



Menerapkan dan mendesain Pendidikan karakter di sekoah secara utuh dan menyeluruh, mengandaikan bahwa para pendidika memiliki pemahaman yang memadai tentang Pendidikan karakter. Ada banyak praksis Pendidikan karakter yang selama ini telah berlaku dalam sejarah Pendidikan di Indonesia. Demikian juga, ada banyak pemahaman tentang apa yang dimaksud dengan Pendidikan karakter. Perbedaan pandangan tentang Pendidikan karakter seringkali berawal dari perbedaan asumsi dasar yang dipakai serta kerangka teoritis tentang filsafat Pendidikan yang diyakini.
Pada Bab I, buku ini mambahas bagaimana status Pendidikan karakter dalam konteks sejarah perkembangan kurikulum di Indonesia. Kami akan melihat secara Selayang pandang bagaimana praksis Pendidikan karakter terjadi. Memiliki sikap kritis terhadap asumsi yang dipakai dalam menerapkan Pendidikan karakter, kemudian mengkritisi praksis yang selama ini telah terjadi dalam membantu kita mengklarifikasi dengan lebih jernih tentang praksis dan konsep tentang Pendidikan karakter
Pada Bab II, membahas persoalan seputar kontroversi dalam Pendidikan karakter. Meskipun karakter banyak didambakan agar segera kembali ke dalam dunia Pendidikan, ternyata dalam banyak hal ada berbagai macam polemik, persoalan dan kontroversi terkait dengan gagasan Pendidikan karakter. Memahami polemic dan kontroversi ini diperlukan agar saat kita membuat konsep yang lebih utuh, tetap dimiliki sikap kritis atas konsep-konsep dasar yang dibangun yang akan mendasari praksis pengembangan Pendidikan karakter di lapangan.
Bab III Membahas tentang persoalan fundamental dalam Pendidikan karakter, yaitu mendefinisikan konsep antropologi Pendidikan yang dipakai.
Bab IV Membahas tentang arti Pendidikan karakter. Banyak orang bertanya tentang apa sesungguhnya yang dimaksud dengan Pendidikan karakter, dengan memakai basis antropologi yang memberikan penekanan pada dimensi pertumbuhan manusia ke dalam (sisi interioritas) dan keluar (sisi penghayatan keutamaan dalam komunitas).
Bab V mendiskusikan persoalan tentang seputar tujuan Pendidikan karakter. Ketika setiap orang memiliki konsepsi tersendiri tentang Pendidikan karakter, mereka juga memiliki pandangan mereka juga memeiliki pandangan sendiri tentang tujuan Pendidikan karakter. Tujuan Pendidikan karakter memiliki visi transformasi social – sebuah pendekatan yang jarang terlontar ketika berbicara tentang Pendidikan karakter. Kekhasan Pendidikan karakter utuh dan menyeluruh dikembangkan untuk menumbuhkan kebebasan individu dalam menghayati keutamaan melalui praksis hidup yang memiliki dimensi social, yaitu penciptaan tatanan masyarakat yang lebih adil dan manusiawi serta layak huni
Bab VI mengulas secara lebih mendalam persolana seputar metodologi yang dipakai dalam pengembangan Pendidikan karakter.
Bab VII secara khusus membahas salah satu konsep penting dalam Pendidikan karakter utuh dan menyeluruh, yaitu tiga matra Pendidikan karakter. Tiga matra Pendidikan karakter ini memiliki latar belakang sejarah tersendiri dalam sejarah Pendidikan.
Bab IX, X, dan XI membahas tiga basis bagi pengembangan Pendidikan karakter yang utuh dan menyeluruh. Barturut-turut dibahas berbagai macam cara pengembangan dalam Pendidikan karakter berbasis kelas, Pendidikan karakter berbasis kultur sekolah, dan Pendidikan karakter berbasis komunitas. Tiga basis ini menjadi tanda utama bahwa praksis Pendidikan karakter yang dilakukan itu memiliki keutuhan dan melibatkan seluruh pemangku kepentingan secara keseluruhan.
Bab XII membahas mengenai desain program Pendidikan karakter yang utuh dan menyeluruh baik langkah-langkah, prosedur atau rationale yang dapat diterima dan mampu membidik persoalan utama Pendidikan karakter yaitu mengembangkan ketiga dimensi penting dari manusia : olah pikir, olah hati/rasa, dan olahraga.
Bab XIII membahas mengenai persoalan seputar keutamaan dan nilai (nilai-nilai apa saja yang bisa dipakai dalam pengembangan program. Jiwa Pendidikan karakter adalah pengembangan keutamaan. Menumbuhkan keutamaan harus menjadi dasar bagi setiap desain Pendidikan karakter.
Bab IVX membahas secara khusus unsur-unsur evaluasi, pengukuran dan refleksi
Bab XV membahas tentang pentingnya dokumentasi program Pendidikan karakter.



Ketersediaan

2013PB035370.1 DON pPerpustakaan BBPPKS Yogyakarta (15)Tersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
370.1 DON p
Penerbit Kanisius : New York.,
Deskripsi Fisik
vii, 236 hlm. ; 23 cm
Bahasa
ISBN/ISSN
978-979-21-3331-8
Klasifikasi
370.1
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this