Image of Bagaimana Menjadi Calon Guru dan Guru Profesional

Text

Bagaimana Menjadi Calon Guru dan Guru Profesional



Buku ini memaparkan hal-hal yang berkaitan dengan Guru secara rinci dan komprehensif termasuk siapa guru, bagaimana guru, harus melakukan apa guru, bagaimana melakukan pekerjaan profesionalnya, baik secara profesional maupun praktik dalam kegiatan belajar mengajar di kelas. Buku ini terdiri dari 10 bab.
Di bab 1 Guru yang Profesional dan Efektif membahas mengenai kompetensi guru, guru professional, guru efektif dan implementasi di ruang kelas.
Bab 2. Kepribadian dan Profesionalisme Guru memperkenalkan gagasan kepribadian dan profesionalisme guru. Di Bab ini dijelaskan deskripsi dan narasi yang menarik mengenai ciri kepribadian guru, profesionalisme guru, dan usaha peningkatan profesionalisme guru.
Bab 3. Kompetensi Guru dalam Berbagai Perspektif memberi landasan teoritik mengenai kompetensi guru dan bagaimana kompetensi itu dimaknai dalam hubungan timbal balik dengan siswa. Bab ini juga menjelaskan tentang hakikat guru professional dalam kegiatan pembelajaran di sekolah.
Bab 4. Pengelolaan Proses Pembelajaran, memaparkan mengenai bagaimana cara guru dalam mengelola pembelajaran di kelas dari pengelolaan pembelajaran dan berakhir dengan pengembangan materi pembelajaran yang menarik dan menyenangkan.
Bab 5. Kompetensi Memecahkan permasalahan Belajar di Kelas, menguraikan tentang gambaran ruang kelas, peraturan kelas, dan interaksi energetik guru dan siswa di kelas.
Bab 6. Pengelolaan Kelas dan Media Pembelajaran, menyajikan ulasan tentang kompetensi guru dalam memecahkan permasalahan belajar di kelas dan bagaimana mengelola kelas melalui keunggulan media pembelajaran. Hal yang perlu dilakukan berkaitan dengan usaha mencari solusi atas berbagai masalah yang terjadi di kelas dan bagaimana menggunakan media pembelajaran agar efektifitas proses belajar mengajar dapat tercapai, menjadi diskusi dan wacana yang menggugah kesadaran guru akan pentingnya penguasaan kompetensi tersebut.
Bab 7 Metode, Model, dan Pendekatan Pembelajaran, mengulas tentang metode dan model pembelajaran yang baik sebagai jurus mengajar yang efektif dan menyenangkan. Di Bab ini diulas secara komprehensif mengenai 16 macam metode pembelajaran mulai dari yang paling konvensional (ceramah), diskusi, pemecahan masalah, buzz group, syndicate group, hingga kerja kelompok. Disamping itu dibahas pula mengenai pengertian, ciri-ciri, fungsi, dan model pembelajaran.
Bab 8 Guru dan Perubahan Zaman, bahwa dalam rangka menghadapi cepatnya arus perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang berdampak pada perubahan bagaimana peserta didik harus belajar dan bagaimana perilaku mahasiswa, calon guru, dan guru harus berubah secara professional, perlu membekali diri dengan pengetahuan khusus mengenai model pembelajaran berbasis teknologi, sekaligus meletakkan dasar-dasar pemahaman mengenai pergeseran pandangan tentang pembelajaran akibat arus informasi dan teknologi. Di Bab ini juga dibahas mengenai kemampuan yang diperlukan guru dalam mengevaluasi proses pembelajaran.
Bab 9 Kemampuan Evaluasi, menguraikan mengenai konsep dan paradigma evaluasi yaitu pemahaman tentang penilaian, langkah-langkah membuat instrument penilaian, penskoran, dan penerapan penilaian kelas dalam pembelajaran.
Bab 10 Pentingnya Jaringan Profesi Kerja Guru, menguraikan mengenai pengertian jaringan kerja guru, tujuan utama jaringan kerja guru, urgensi jaringan kerja guru, langkah-langkah membangun jaringan, jaringan kerja guru di Indonesia, jenis kegiatan jaringan kerja guru, dan strategi kegiatan pemberdayaan MGMP/KKG. Pembahasan ini diperuntukkan bagi peningkatan kinerja guru melalui perluasan jaringan kerja guru yang selama ini diabaikan guru hanya karena guru-guru “terkungkung” pada komunikasi internal di sekolah masing-masing.


Ketersediaan

2013PB120Perpustakaan BBPPKS Yogyakarta (15)Tersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
371. 1
Penerbit Multi Pressindo : Yogyakarta.,
Deskripsi Fisik
xiv, 302 hlm. : ilus. ; 24 cm.
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
978-602-18309-0-1
Klasifikasi
371. 1
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
Cet. 2
Subyek
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this