Image of Panduan Pidato & MC yang Memukau : tunjukkan pada audienmu dengan keyakinan, kemampuan, dan kharisma

Text

Panduan Pidato & MC yang Memukau : tunjukkan pada audienmu dengan keyakinan, kemampuan, dan kharisma



Pidato atau istilah Bahasa Inggris disebut public speaking, pada hakekatnya adalah berbicara di muka umum, baik langsung maupun tidak. Langsung dalam arti, pembicara langsung berkomunikasi secara berhadapan muka (face to face) dengan hadirinnya. Namun pidatopun bias dilakukan secara tidak langsung, yaitu berbicara melalui media massa untuk konsumsi umum. Dalam hal ini, pesan komunikasi atau mater, pembicaraan didisalurkan dari pembicara melalui media massa kepada khalayak. Pidato, baik langsung maupun tidak, pada dasarnya merupakan suatu komunikasi lisan 9oral communication) dimana seorang komunikator menyampaikan buah pikiran dan atau perasaannya kepada sejumlah pendengar untuk tujuan tertentu sesuai dengan kehendaknya.
Publik speaking/pidato adalah salah satu bagian dari komunikasi, kita harus memahami bahwa tujuan komunikasi adalah supaya orang lain mengetahui apa yang disampaikan pembicara, melaksanakan apa yang pembicara inginkan dan mengikuti apa yang pembicara katakan. Ada tiga prinsip penyampaian pidato agar berjalan dengan baik, yaitu : 1. Kontak, melihat langsung pada khalayak dengan cara keseluruhan dan dengan perhatian terbagi, tidak terpaku pada catatatn materi pokok, kontak seperti ini disebut kontak visual sedangkan kontak mental dengan memperhatikan umpan balik atau respon dari khalayak, 2. Olah vocal, mekanismenya mengubah bunyi menjadi kata, ungkapan atau kalimat. Karakter dari olah vocal memberikan efek komunikasi. 3. Olah visual, berkaitan dengan ekspresi pembicara dalam menyampaikan makna, menarik, perhatian dan menumbuhkan kepercayaan diri dan semangat. Disamping menyampaikan makna, gerak fisik dapat memelihara dan menarik perhatian. Jadi 3 hal yang harus diperhatikan dalam penyampaian pidato adalah poise, pause, pose. Poise artinya kepercayaan diri dan ketenangan, Pause artinya hentian yang tepat menunjukkan olah vocal yang baik, Pose artinya penampilan saat pidato.
Ketika menyampaikan pidato di depan public, pembicara harus menyiapkan 3 bagian penting yang mendasar, yaitu pembukaan, inti pidato dan penutup.
Buku ini ini akan membantu pembicara untuk mempersiapkan bekal kemampuannya dalam berpidato dan menjadi pembawa acara (MC). Buku ini membahas mengenai Teknik perencanaan podato yang menarik, Teknik dan Metode Berpidato yang baik, Teknik menjadi Pembawa Acara, disertai pula contoh pidato dan MC, baik yang berbahasa Indonesia maupun Bahasa Jawa.


Ketersediaan

Tidak ada salinan data


Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
-
Penerbit Smart Pustaka : Yogyakarta.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
978-602-14095-3-4
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this