Image of Kewirausahaan Sosial Masyarakat Perkotaan : Studi Kasus Praktik Kewirausahaan Sosial Pada Kelompok Sanggar Waringin di Terminal Angkutan Kota Stasiun-Hall Kota Bandung

Text

Kewirausahaan Sosial Masyarakat Perkotaan : Studi Kasus Praktik Kewirausahaan Sosial Pada Kelompok Sanggar Waringin di Terminal Angkutan Kota Stasiun-Hall Kota Bandung



Buku ini berisi penelitian yang mengkaji isu tentang kewirausahaan sosial masyarakat perkotaan, khususnya pada pratik yang dilakukan di Sanggar Waringin Terminal Stasiun Hall Kota Bandung Jawa Barat. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan motif dan praktik kewirausahaan sosial di Sanggar Waringin, membangun model teoritis praktik kewirausahaan sosial masyarakat perkotaan serta mengupas implikasi praktik kewirausahaan sosial terhadap dinamika masyarakat perkotaan.
Pendekatan struktur agen digunakan oleh peneliti melihat bagaimana hal yang mendukung/menghambat praktik, serta bagaimana pratik tersebut mempengaruhi struktur. Selanjutnya Teori Praktik dari Bourdieu digunakan karena memiliki kelengkapan sub konsep seperti habitus, kapital, ranah dan praktik yang memungkinkan peneliti mengkaji praktik kewirausahaan sosial secara lebih mendalam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, observasi serta penelaahan data sekunder. Hasil penelitian kemudian diolah dan diinterprestasikan serta ditampilkan secara eksplanatoris.
Praktik kewirausahaan sosial terbangun melalui daya apresiasi (kemampuan mengapresiasi masalah sebagai peluang), kayakinan dasar (pemahaman dan keyakinan terhadap ajaran agama) serta daya prediksi (kemampuan melihat potensi pengembangan di masa depan). Selanjutnya, praktik kewirausahaan sosial bertahan dan berkembang melalui optimalisasi beragam kapital yang mampu dikelola aktor yaitu kapital ekonomi., kapital sosial dan kapital budaya, serta aplikasi elemen orientasi kewirausahaan yaitu keinovasian, keproaktivitas, pengambilan resiko dan otonomi. Hasil dari praktik kewirausahaan sosial yang dikaji melalui penelitian ini adalah terciptanya ranah baru yang lebih kondusif untuk anak-anak bermain dan belajar.
Kontribusi teoritis dari penelitian dalam buku ini kepada dunia akademis adalah terbangunnya model teoritis praktik kewirausahaan sosial.

















Ketersediaan

2016PB052362 WIB k c.1Perpustakaan BBPPKS Yogyakarta (13)Tersedia
2016PB053362 WIB k c.2Perpustakaan BBPPKS Yogyakarta (13)Tersedia
2016PB054362 WIB k c.3Perpustakaan BBPPKS Yogyakarta (13)Tersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
362 WIB k
Penerbit UNPAD Press : Bandung.,
Deskripsi Fisik
184 hlm. : ilus. ; 21 cm.
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
9786020810362
Klasifikasi
362
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this