Image of Pengubahan Perilaku dalam Pekerjaan Sosial

Text

Pengubahan Perilaku dalam Pekerjaan Sosial



Profesi pekerjaan sosial dihadapkan kepada orang-orang yang memiliki perilaku potensial/adaptif, dan perilaku bermasalah/mal adaptif, dalam kaitan perilaku potensial dan perilaku bermasalah, pekerja sosial mempunyai tugas untuk mengurangi perilaku bermasalah/mal adaptif tersebut, dan meningkatkan perilaku potensial/positif/adaptif, oleh karena itu untuk mengefektifkan praktik pelayanannya, maka pekerja sosial harus memiliki pengetahuan, pemahaman, kemampuan dan ketrampilan teknis dalam pengubahan perilaku terkait dengan perilaku potensial/adaptif dan perilaku bermasalah/mal-adaptif, dan teknik mengubah perilaku tersebut.
Dalam praktik pemberian pelayanannya, Pekerja Sosial profesional melakukan tugas-tugas pengubahan perilaku dalam bentuk kegiatan konseling (bimbingan dan penyuluhan), dalam berbagai setting di temapt dia bekerja sebagai “direct practisioner” untuk memodifikasi perilaku kelayan baik perorangan, maupun melalui kelompok yang memiliki perilaku mal-adaptif, sehingga menjadi adaptif, bahkan dapat mengaktualisasikan dirinya dengan baik.
Masalah perilaku mal-adaptif merupakan masalah sosial, karena selain menjadi hambatan bagi individu yang melakukannya, juga akan mengganggu kelangsungan pergaulan yang normatif di masyarakat.
Perilaku mal-adaptif ditandai oleh ketidakmampuan menanggapi stimulus tertentu secara tepat, baik waktu maupun tempat. Hal ini bisa saja terjadi karena ketidaktahuan (unlearned), atau tidak memiliki motivasi dan ketrampilan yang memadai (unconditioned)
Pengubahan perilaku pada dasarnya adalah suatu upaya yang disengaja, direncanakan dan dilakukan secara sistematis, metodis dan teknis dalam rangka mengubah perilaku individu yang kurang atau tidak sesuai dengan nilai, norma dan harapan lingkungannya. Dalam melakukan upaya mengubah perilaku orang yang memiliki masalah perilaku, pengubahan perilaku menggunakan prinsip-prinsip dan teknik-teknik yang telah diuji oleh ahli perilaku manusia.
Buku ini terdiri dari 5 (lima) Bab sebagai berikut :
Bab I Pendahuluan
Bab II Ketrampilan Pekerja Sosial dalam Pengubahan Perilaku
Bab III Prinsip-Prinsip Dasar Perilaku
Bab IV Pengembangan Teknik-Teknik Pengubahan Perilaku
Bab V Bekerjasama dengan Mediator


Ketersediaan

2016PB095361. 3 NON p C. 1Perpustakaan BBPPKS Yogyakarta (13)Sedang Dipinjam (Jatuh tempo pada2018-03-23)
2016PB096361. 3 NON p c. 2Perpustakaan BBPPKS Yogyakarta (13)Tersedia
2016PB097361. 3 NON p C. 3Perpustakaan BBPPKS Yogyakarta (13)Sedang Dipinjam (Jatuh tempo pada2017-03-31)
2016PB098361. 3 NON p c. 4Perpustakaan BBPPKS Yogyakarta (13)Tersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
361. 3 NON p
Penerbit STKSPress Bandung : Bandung.,
Deskripsi Fisik
56 hlm. : ilus. ; 26 cm.
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
9789793467627
Klasifikasi
361. 3
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this